Sampai Dimana Dana Desa Tahun 2016 ?

Sesuai dengan juklak juknis Dana Desa Sinduraja Tahun 2016 dialokasikan untuk 2 bidang yaitu Bidang Pembangunan dan Bidang Pemberdayaan Masyarakat. Bidang Pembangunan diantaranya untuk pembangunan jalan rabat beton dan talud jalan untuk wilayah Kesesi Dusun I, Jalan Bangkong Reang Dusun II, Jalan Sigong Dusun III, Jalan Tangkil yang merupakan jalan penghubung Dusun III ke Dusun IV, dan Jalan Karang Randu di wilayah Dusun IV.

Namun demikian dalam pelaksanaan kegiatannya menemui beberapa kendala. Kepala Desa Sinduraja Bapak Suwitno mengatakan “Mengingat sekarang adalah bulan Desember dan sudah masuk di akhir tahun anggaran, seharusnya dana yang sudah terserap sudah harus dibelanjakan sesuai dengan Rencana Anggaran Biaya yang sudah di buat, baik di bidang pembangunan maupun  bidang pemberdayaan masyarakat. Karena sisa waktu yang ada untuk membuat laporan pertanggungjawaban. Namun sampai saat ini masih ada lokasi yang belum selesai penggarapannya dikarenakan faktor alam yang memang sedang musim hujan, sehingga material terutama pasir mengalami keterlambatan/kesulitan. Juga karena lokasi tersebut adalah jalan baru (baru pelebaran, dulu hanya bisa dilewati kendaraan roda dua : red) sehingga jika truk pengangkut material memaksakan lewat bisa selip karena jalan belum keras”.

Senada dengan Kepala Desa Suwitno, Ketua Tim Pengelola Kegiatan (TPK) Bapak Narkum mengatakan khusus untuk wilayah kesesi harus ada biaya ekstra untuk melangsir material dari jalan besar sampai ke lokasi pembangunan talud jalan, padahal dalam RAB tidak ada anggaran untuk biaya langsiran. Sedangkan untuk melangsir 1 rit batu belah (isi kurang lebih 4 m3) butuh biaya sebesar Rp. 000.000,- dikalikan jumlah kebutuhan. Itupun baru satu jenis material, belum pasir dll. Tapi bagaimanapun ya tetap harus dikerjakan.

Berikut adalah foto-foto progress kegiatan pembangunan Jalan Rabat Beton, Sigong Dusun III yang di danai Dana Desa Tahun 2016.

Desa Sinduraja
Foto 0 % Jalan Sigong Desa Sinduraja
Desa Sinduraja
Foto 50% Jalan Sigong Desa Sinduraja
Desa Sinduraja
Foto 100% Jalan Sigong Desa Sinduraja

Berikut adalah foto-foto progress kegiatan pembangunan Jalan Rabat Beton dan Talud Jalan Tangkil Dusun III yang di danai Dana Desa Tahun 2016.

Jalan Tangkil Desa Sinduraja
Foto 0% Jalan Tangkil Dusun III Desa Sinduraja
Jalan Tangkil Desa Sinduraja
Foto 0% Jalan Tangkil Dusun III Desa Sinduraja

About admin

One comment

  1. Ini luar biasa. Dengan membaca dan melihat foto di atas, masyarakat setempat akan tahu perubahannya. Dengan demikian, maka akan sangat terasa manfaat Dana Desa.

    Salam…

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *