Sejarah Desa Sinduraja

Asal mula Desa Sinduraja (konon katanya ) di mulai dengan kisah Raden Sindu. Raden  Sindu yaitu Patih di Kerajaan Majapahit. Raden Sindu itu patih yang sudah dipercaya oleh Raja Majapahit dan bahkan sudah menjadi tangan kanan Raja Majapahit.

Raja Majapahit mempunyai putri yang sangat cantik jelita. Banyak yang suka kepada putri raja tersebut, tetapi belum ada yang bisa menjadikan putri raja itu sebagai istrinya.

Tidak terkecuali Raden Sindu. Raden Sindu juga sangat suka kepada putri raja tersebut, tetapi Raja Majapahit tidak setuju kalau putrinya disukai oleh Raden Sindu. Raden Sindu di anggap tidak sopan dan terlalu berani  kepada Raja sehingga Raden Sindu diberhentikan dari jabatannya.

Karena tidak disetujui untuk menyukai putri raja dan karena diberhentikan dari jabatannya, Raden Sindu marah dan merasa dendam kepada Raja Majapahit. Sehingga Raden Sindu berniat untuk menculik putri raja itu dan dipaksa pergi  jauh ke hutan yang tidak ada penghuninya. Dan malamnya Raden Sindu datang ke Kerajaan Majapahit untuk melaksanakan niatnya menculik putri raja itu.

Sesudah sampai di hutan itu, Raden Sindu mengetahui bahwa Raja Majapahit sudah mengutus pasukannya untuk mencari putrinya dan juga Raden Sindu. Kemudian Raden Sindu mengganti namanya menjadi Sindureja supaya tidak diketahui oleh pasukan Majapahit. Sayangnya Raden Sindu tidak mempunyai umur panjang, belum lama di hutan tersebut Raden Sindu meninggal dunia. Sebelum meninggal, Raden Sindu mempunyai wasiat jika dia meninggal dunia hutan tersebut diberi nama Sindureja, dan Raden Sindu dimakamkan di Punden di hutan tersebut.

Sesudah Raden Sindu meninggal hutan tersebut diberi nama Sinduraja dan Punden itu diberi nama Punden Sindureja sampai dengan sekarang. Dan sebagian masyarakat di desa Sinduraja percaya jika di Punden tersebut kita dapat meminta apapun yang kita inginkan.

Cerita sejarah ini di dapat dari cerita orang tua zaman dulu yang sampai sekarang belum dilakukan penelitian tentang kebenarannya.

Catatan : 

*apabila ada yang mengetahui informasi lain mengenai Sejarah Desa Sinduraja mohon berkenan untuk menginformasikan lewat komentar atau menghubungi langsung ke Kantor Desa Sinduraja

About admin

One comment

  1. Hai admin, mhon info posisi tepat makam raden sindu di makamkan..agar lebih jelas dan tidak hanya sekedar karangan belaka.
    Trims.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *